Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Dia Sebelum Menikah

Kenali dia diri sendiri Sebelum anda menikah Boleh jadi, anda hanya mendewakan cinta. Tanpa berusaha mengenal si dia lebih jauh. Apa saja yang perlu anda ketahui tentang dirinya dan diri anda sendiri, sebelum terlanjur melangkah ke pelaminan?

Restu orangtua, dan sikapnya. 

Orangtua sangatlah cerdas menilai calon istri atau suami, mereka tau langkah-langkah memilih pasangan hidup yang benar, supaya kelak berkeluarga hidup rukun. 

Simaklah 10 penuntun berikut, agar Anda tak menyesal kemudian hari. 

Picture by Pixabay

  1. Cinta dan kecocokan, merupakan dua hal yang berbeda. Ya, boleh jadi anda sangat mencintainya. Tapi, belum tentu anda berdua cocok, bukan ?... Banyak orang yang berkali kali jatuh cinta, sebelum menemukan pasangan yang cocok. Juga, banyak pria yang cocok dengan anda tapi belum tentu anda cintai, atau sebaliknya. Yang anda perlukan, adalah dua-duanya. 


  1. Dalam masa pacaran, biasanya si dia hanya menunjukan kwalitas terbaik. Renungkan, akan tetapkah dia demikian ? Banyak wanita yang jatuh cinta kepada pria yang berbeda sama sekali dengan idealnya. Ya, bisa saja. Tapi, apakah anda akan menikah dengan pria yang sesuai dengan sifat-sifat Anda atau bukan ? Jawabannya memang relatif. Tapi yang terbaik, tentulah pria yang cocok dengan selera dan sifat-sifat anda. 


  1. Bedakan cinta dengan tempat bergantung. Jika anda hanya mencari pria untuk di jadikan tempat 'berlindung' dan 'bergantung', bersiap-siaplah untuk di jadikan 'budak'. Ini bukan cinta sesungguhnya. Pria yang anda maksudkan untuk tempat bergantung, bisa bisa menggantung anda. 


  1. Hati-hati terhadap daya pikat si Don juan. Anda terpikat dengan bujukannya, penampilannya tapi anda tahu ia seorang 'bajingan'. Kadang ia memperlakukan wanita dengan lembut dan manis, tapi lain kali ia kejam dan sadis. Lantas, mengapa anda jatuh pada pria macam ini ?


  1. Cerahkah dia atau pemurung ? Hati-hati terhadap pria yang tak memiliki semangat hidup, kecuali bersama anda. Bersama anda ia cerah, di belakang anda ia suram. Perkawinan bahagia, adalah milik mereka yang sama-sama cerah dan hidup. Yang sama-sama merasa puas sebelum pernikahan. 


  1. Perhatikan sinyal-sinyal hianat, seperti suka berbohong atau senang menyembunyikan yang sebenarnya. Untuk hal-hal kecil dan sepele. Mungkin masih dapat anda tolerir. Tapi, bagaimana jika dia menyimpan wanita lain dan tak mau mengaku ?.. 


  1. Perhatikan rekaman masa lalunya. Anda bisa menilai pribadinya dengan melihat konditenya di masa lalu. Latar belakang keluarganya, pekerjaannya, sepak terjangnya di masa-masa pacaran dengan gadis lain. Kelakuanya ketika di sekolah, dan sebagainya. Latar belakang, sangat berpengaruh bagi latar depannya. Tinggal anda berpikir, bisa atau tidak anda atasi. 


  1. Jangan berkhayal, si dia dapat anda jadikan sesuai keinginan anda. Pribadi seseorang berkembang secara almiah. Boleh jadi, dia mau anda atur ketika masih pacaran. Ia sembunyikan kepribadian aslinya di depan orang lain demi anda. Tapi setelah anda menjadi istrinya, mungkinkah tetap ia anda sebut 'jempolan' ? 


  1. Dapatkah anda memenuhi kebutuhannya? Dapatkah dia memenuhi keinginan anda? Dalam masa-masa pacaran, ini perlu anda pantau. Untuk 'join-venture' yang saling menguntungkan, anda berdua mesti mampu saling memberi dan menerima. Saling memenuhi kebutuhan dan keinginan masing-masing. Banyak penceraian yang terjadi, karena kedua pasangan tak mampu saling memenuhi keinginan dan harapan pasangannya. 


  1. Dapatkah anda kelak membebaskan diri ? Jika anda wanita karier/pekerja, dapatkah ini di pertahankan setelah anda menjad istrinya? Atau, apakah Anda menyerah kepada keinginannya? Renungkan dari sekarang, jika Anda tak ingin kelak timbul perselisihan. Merasa dikekang dan di tekan. Kebahagian perkawinan tak muncul dengan sendirinya. Anda dan si dia meski menciptakannya secara bersama-sama. Tak dapat oleh anda sendiri, atau oleh si dia saja. Karena itu, cinta harus di barengi dengan kecocokan di antara Anda berdua. Renungkan dari sekarang, karena sesal kemudian akan sia-sia.




Noip
Noip Buka lembaran baru dalam setiap buku tulis tersimpan sebuah jendela dunia dan tempatnya semua pengetahuan

2 komentar untuk "Kenali Dia Sebelum Menikah"

Berlangganan via Email